Menyusun Perangkat Ajar Deep Learning dengan Mudah dan Cepat menggunakan Prompt
Daftar Isi
- PANDUAN
- PROMPT TP Semua Kelas (satu fase)
- PROMPT TP Khusus (misal kelas 7)
- PROMPT ATP
- PROMPT RPP/MODUL AJAR
PANDUAN
Panduan Menggunakan Prompt AI
-
Akses Chatbot AI berikut:
-
Salin dan Tempel Prompt:
Pilih template prompt yang tersedia, lalu salin dan tempelkan ke salah satu chatbot di atas. 👆
(Jika Anda belum memiliki akun, silakan daftar terlebih dahulu menggunakan akun Google.) -
Lihat Hasilnya:
Tekan kirim dan chatbot akan menghasilkan respon yang lebih terstruktur dan relevan. -
Berikan Umpan Balik:
Jika diperlukan, ajukan pertanyaan lanjutan atau minta penjelasan lebih spesifik untuk mendapatkan hasil yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.
PROMPT TP Semua Kelas (satu fase)
Saya Alexander, S.Pd., guru Seni
Musik untuk peserta didik Fase D. Saat ini saya memerlukan panduan dalam
menguraikan Capaian Pembelajaran (CP) menjadi Tujuan Pembelajaran (TP) secara
sistematis.
Dalam simulasi ini, Anda berperan
sebagai guru Seni Musik Fase D yang mengajar di SMP Nusantara Jawa Tengah.
Sebelum menyusun perangkat ajar, Anda diminta untuk terlebih dahulu mengurai CP
menjadi TP secara terstruktur. Capaian pembelajaran mencakup sejumlah
kompetensi seperti: Mengidentifikasi dan merespons, Menggunakan, Menganalisis,
Memberikan umpan balik, Menyimpulkan, Menyajikan, Berlatih rutin,
Menggubah/mengembangkan, Menggunakan media lokal, Mengekspresikan
perasaan/empati, serta Menyampaikan pesan positif.
Konten dan kompetensi pembelajaran
terdiri dari:
menyajikan karya musik dan merawat instrumen musik dengan
teknik yang baik dan benar. Peserta didik mendokumentasikan gagasan dan proses
penciptaan karya musik sederhana yang dihasilkan. Peserta didik mempresentasikan hasil kajian dan umpan balik atas penyajian karya musik
dirinya maupun orang lain dengan menggunakan istilah musik, dan sebagainya
Kondisi peserta didik dan lingkungan
belajar adalah sebagai berikut:
- Karakter siswa: cenderung pasif, beberapa sulit
konsentrasi dan mudah gelisah
- Minat dan motivasi belajar: relatif rendah
- Prestasi belajar: cenderung menurun
- Kondisi lingkungan sekolah: berada di wilayah pedesaan
Buatkan
Tujuan pembelajaran selama satu fase ( 3 tahun) kelas 7,kelas 8, dan kelas 9
Buatkan analisis Capaian pembelajaran dalam format tabel
yang terdiri dari kompetensi (kolom 1),materi (kolom 2), Sub materi ( kolom 3),
Tujuan pembelajaran dari masing-masing sub materi (kolom 4) berdasarkan capaian pembelajaran
berikut :
Mengalami (Experiencing): Peserta didik
menggunakan dan mengembangkan unsur-unsur bunyi musik berupa nada, irama, dan
melodi, menggunakan instrumen atau teknologi yang tersedia. Peserta didik
mengidentifikasi karakteristik musik dari beragam genre, style, konteks budaya, atau era.
Merefleksikan (Reflecting): Peserta didik
memberikan umpan balik mengenai karya, kemampuan bermusik dirinya atau orang
lain, atau genre/style sebuah karya dengan menggunakan istilah musik yang
tepat.
Berpikir dan Bekerja Secara Artistik
(Thinking and Working Artistically): Peserta didik menjalani kebiasaan baik dan
rutin dalam berpraktik musik sejak dari persiapan, saat, maupun usai berpraktik musik untuk perkembangan dan perbaikan
kelancaran serta keluwesan bermusik. Peserta didik secara aktif berpartisipasi
dalam bentuk sajian musik sederhana menggunakan musik daerah setempat dan
nusantara yang berguna bagi perbaikan hidup baik untuk diri sendiri, sesama,
dan lingkungan. Peserta didik menyajikan dengan penuh ekspresi karya-karya
musik secara aktif, kreatif, artistik, musikal, dan mengandung nilai- nilai
kearifan lokal dan global baik secara individu maupun secara berkelompok.
Menciptakan (Creating): Peserta didik
memproduksi bunyi, mengembangkan, atau menggubah pola irama, melodi, atau lagu
sederhana menggunakan anggota tubuh atau alat musik ritmis dan melodis yang
tersedia di lingkungan sekitar dan/atau berdasarkan nilai kearifan lokal daerahnya.
Berdampak (Impacting): Peserta didik merespon perasaan, minat, empati, dan kepedulian terhadap isu di lingkungan sekitar melalui karya musik dan praktik bermusik.
Catatan
:
- Silahkan ganti mapel dan fase
(misalnya bahasa indonesia fase A atau fase B atau Fase C, atau fase D
atau fase E atau fase F
- Silahkan ganti karakterustik
siswa,minat belajar siswa, prestasi belajar siswa,motivasi belajar
siswa sesuai dengan pengelaman guru
di sekolah atau kelasnya
- Silahkan ganti lingkungan
sekolah misalnya sekolah di daerah pedesaan, daerah pesisir pantai, daerah
pegunungan, daerah perkotaan,daerah industri,daerah pertanian,daerah
perkebunan, dsb
- Silahkan ganti Capaian
pembelajaran mata pelajaran masing-masing mapel sesuai fase. Copy CP
masing-masing fase. Untuk mapel Bindo,bing,matematika, seni budya,
prakarya, PPKN copy mulai dari elemennya. Kecuali IPA dan IPS atau IPAS copy
cukup CP pada CP Pemahaman Sains atau pemahaman IPA/IPAS sedangkan Elemen
keterampilan Proses tidak perlu
Sehingga:
Untuk mapel Bindo,bing,matematika, seni budya, prakarya, PPKN:
Buatkan analisis Capaian pembelajaran dalam format tabel yang terdiri dari, elemen (kolom 1), kompetensi (kolom 2),materi (kolom 3), Sub materi ( kolom 4), Tujuan pembelajaran dari masing-masing sub materi (kolom 5) berdasarkan capaian pembelajaran berikut:
[Tempelkan CP di sini]
- Blok semua prompt TP dan tempelkan di bidang Prompt
PROMPT TP Khusus (misal kelas 7 saja)
Saya Alexander, S.Pd. adalah guru Seni Musik Fase D Kelas VII. Saya masih bingung menganalisis Capaian Pembelajaran (CP) menjadi Tujuan pembelajaran (TP).
Di sesi ini, anda
adalah guru Seni Musik Fase D SMP Nusantara Jawa Tengah. Sebelum menyusun
rencana pembelajaran, terlebih dahulu anda menganalisis capaian pembelajaran
Seni Musik Fase D menjadi tujuan pembelajaran. Dalam capaian pembelajaran
terdiri dari kompetensi (Mengidentifikasi dan merespon, Menggunakan,
Menganalisis, Memberikan umpan balik, Menyimpulkan, Menyajikan, Berlatih rutin,
Menggubah/mengembangkan, Menggunakan media lokal, Mengekspresikan
perasaan/empati, Menyampaikan pesan positif), dengan materi sudah ditentukan
(Semester1: Bernyanyi Solo, Bermain Alat Musik Sederhana, Semester2: Bernyanyi
Bersama, Bermain Ansambel)
Sebagai imformasi bahwa:
- Karakteristik siswa: Sebagian siswa cenderung pasif, masih ada siswa yang belum bisa konsentrasi, gelisah, dan tidak betah dikelas.
- Minat Belajar: sebagian siswa minat belajar rendah.
- Motivasi belajar : Sebagian siswa motivasi belajar rendah
- Prestasi belajar : rata-rata prestasi belajar menurun
- Lingkungan sekolah : Daerah pedesaan
Buatkan Tujuan pembelajaran untuk kelas VII
Buatkan analisis Capaian pembelajaran urutkan dari semester
1 ke 2 dan kelompokkan untuk materinya, buat dalam format tabel yang terdiri
dari, Kelas (kolom 1), Semester (kolom 2) elemen (kolom 3), kompetensi (kolom
4),materi (kolom 5), Sub materi "minimal 2 untuk setiap materi" (
kolom 6), Tujuan pembelajaran dari masing-masing sub materi (kolom 7) berdasarkan capaian pembelajaran
berikut:
Mengalami (Experiencing): Peserta didik menggunakan dan
mengembangkan unsur-unsur bunyi musik berupa nada, irama, dan melodi,
menggunakan instrumen atau teknologi yang tersedia. Peserta didik
mengidentifikasi karakteristik musik dari beragam genre, style, konteks budaya,
atau era.
Merefleksikan (Reflecting): Peserta didik memberikan umpan
balik mengenai karya, kemampuan bermusik dirinya atau orang lain, atau genre/style
sebuah karya dengan menggunakan istilah musik yang tepat.
Berpikir dan Bekerja Secara Artistik (Thinking and Working
Artistically): Peserta didik menjalani kebiasaan baik dan rutin dalam
berpraktik musik sejak dari persiapan, saat,
maupun usai berpraktik musik untuk perkembangan dan
perbaikan kelancaran serta keluwesan bermusik. Peserta didik secara aktif
berpartisipasi dalam bentuk sajian musik sederhana menggunakan musik daerah
setempat dan nusantara yang berguna bagi perbaikan hidup baik untuk diri
sendiri, sesama, dan lingkungan. Peserta didik menyajikan dengan penuh ekspresi
karya-karya musik secara aktif, kreatif, artistik, musikal, dan mengandung
nilai- nilai kearifan lokal dan global baik secara individu maupun secara berkelompok.
Menciptakan (Creating): Peserta didik memproduksi bunyi,
mengembangkan, atau menggubah pola irama, melodi, atau lagu sederhana
menggunakan anggota tubuh atau alat musik ritmis dan melodis yang tersedia di
lingkungan sekitar dan/atau berdasarkan nilai kearifan lokal daerahnya.
Berdampak (Impacting): Peserta didik merespon perasaan,
minat, empati, dan kepedulian terhadap isu di lingkungan sekitar melalui karya
musik dan praktik bermusik.
catatan:
Cara penggunaan samaa seperti prompt TP sebelumya, tetapi ini lebih spesifik untuk materi sudah kita ditentukan sesuai dengan buku teks sesuai jenjang per semester (kelas 7, 8 atau 9) jika fase D, supaya bapak ibu bisa menyesuaikan dengan buku yang yang ada.
PROMPT ATP
Turunkan tujuan pembelajaran tersebut menjadi
alur tujuan pembelajaran (ATP), urutkan dari yang mudah ke sulit baik
materi/sub materi maupun tujuan pembelajaran. Buatkan ATP dalam bentuk tabel.
Materi (kolom 1, misalnya, Bernyanyi
Solo); Sub Materi (kolom 2, misalnya Teknik vokal dasar); Tujuan pembelajaran umum (kolom 3, misalnya ; Siswa mampu mengidentifikasi unsur nada dan irama dalam
lagu sederhana serta mempraktikkan teknik vokal dasar dengan benar.); Tujuan pembelajaran
khusus (kolom 4 , misalnya Siswa mampu mengidentifikasi nada dasar, Siswa mampu
mengidentifikasi teknik vokal, dan sebagainya); Alokasi waktu
( kolom 5); dimensi profil pelajar pancasila di ganti dengan dimensi profil
kelulusan (misalnya;Keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan yang maha esa,
kewargaan,penalaran
kritis,kreativitas,kolaborasi,kemandirian,kesehatan,komunikasi);
Asesmen ( kolom 6, rekomendasikan
asesmen yang sesuai: asesmen pada awal pembelajaran, asesmen pada proses
pemelajaran, asesmen pada akhir pembelajaran);Sumber belajar ( kolom 7, buku Seni Musik SMP, Link Youtube, LKPD,
rekomendasikan sumber yang relevan)
Catatan:
1.
Kolom 1 : Copy contoh salah satu materi yang ada di TP
2.
Kolom 2 : copy
contoh salah satu sub materi di TP
3.
Kolom 3 : copy contoh
salah satu tujuan pembelajaran umum di TP
4.
Kolom 4 : Copy conto salah satu tujuan pembelajaran khusus
di TP
5.
Kolom 5- kolom 6 :
sama di promt
6.
Kolom 7 : ganti buku
refrennsi mapel sesuai fase
7. Blok semua prompt ATP dan tempelkan di bidang Prompt
PROMPT RPP/MODUL AJAR
Saya Alexander, S.Pd. adalah seorang
guru pengajar profesional Seni Musik Fase D yang mengajar di SMP Nusantara Jawa Tengah.Data awal
untuk Identifikasi Siswa:
●
Karakteristik
siswa: Sebagian siswa cenderung pasif, Sebagian siswa cenderung pasif, masih ada siswa yang belum bisa konsentrasi, gelisah, dan tidak
betah dikelas, siswa sering ribut dan tidak ada perhatian
saat guru menjelaskan
●
Minat Belajar:
sebagian siswa minat belajar rendah, lebih suka belajar di luar kelas dan kerja
kelompok
●
Motivasi
belajar : Sebagian siswa motivasi belajar rendah
●
Prestasi
belajar : rata-rata prestasi belajar menurun
●
Lingkungan
sekolah : Daerah pedesaan
Buatkan Rencana pembelajaran mendalam untuk
kelas VII mata Pelajaran Seni Musik materi Bernyanyi Solo.
( siswa mempunyai pengalaman belajar memahami, mengaplikasi dan merefleksi) dengan tahapan kegiatan pembelajaran menggunakan alur PEDATTI ( pendahuluan, Dalami, terapkan, tularkan dan inovasi )
Praktik kinerja yang akan saya kembangkan adalah: pembelajaran berbasis projek
Tambahkan lembar kerja siswa dan rubrik penilaiannya. Tunjukkan juga meaningful,
mindfull dan joyfull dari RPP tersebut. pembelajaran untuk 4 kali pertemuan
untuk sub materi Teknik
vokal dasar dengan masing-masing pertemuan selama 80 menit.
Buatkan urutan RPP tersebut sesuai
Komponen perencanaan pembelajaran
dan kerangka yang ada di slide
materi halaman 5- 7, dari file pdf tersebut.
Berdasarkan
aturan terbaru, Istilah Dimensi Profil Pelajar Pancasila diganti dengan
dimensi profil lulusan.
Catatan
:
- Silahkan ganti nama
guru sesuai namanya , misalnya saya Ibrahim adalah seorang guru pengajar
profesional di SD...../SMP...../SMA...../SMK....
- Silahkan ganti
Rencana Pmeblejaran mendalam untuk kelas I
atau kelas II atau kelas III atau kelas IV, atau kelas V atau kelas
VI atau kelas VII atau kelas VIII atau kelas IX atau kelas X atau kelas XI
atau kelas XII mata pelajaran ......mater.....
- Ganti praktik
kinerja yang akan dikembangkan misalnya : umpan balik konstruktif atau
pembelajaran berbasis projek atau pembelajaran berbasis masalah atau
discovey learning , dsb
- Ganti berapa
pertemuan untuk sub materi dan
alokasi waktu sesuai mapel sesuai fase per pertemuan
- Blok semua promt RPP , Copy dan tempelkan di bidang prompt
- Unggah slide
materi halaman 5-7 dari pdf . File PDF dapat di unduh di : https://shorturl.at/EcPJM
Posting Komentar