Pengembangan Rencana Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka
Daftar Isi
Proses pengembangan Rencana Pembelajaran pada kurikulum merdeka merupakan bagian penting dalam implementasi pembelajaran kurikulum merdeka, serta dapat membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Rencana Pembelajaran adalah kumpulan materi yang digunakan oleh guru untuk mendukung proses pembelajaran di lingkungan pendidikan, baik di sekolah maupun di tempat lain. Rencana Pembelajaran yang umum digunakan mencakup bahan ajar, modul proyek, atau buku teks. Selain itu, juga meliputi urutan dan hasil pembelajaran yang disusun berdasarkan tahapan tertentu.
Dengan menggunakan Rencana Pembelajaran ini, tujuan utamanya adalah membantu guru dan peserta didik serta pihak pendidik lainnya dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar dengan lebih efektif dan efisien. Hal ini bertujuan untuk mencapai peningkatan hasil pembelajaran dan memaksimalkan pemanfaatan sumber daya yang tersedia, seperti manusia, waktu, dan peralatan.
Rencana Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka
Rencana Pembelajaran kurikulum merdeka menjadi acuan utama dalam pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka di sekolah. Rencana pembelajaran pada kurikulum merdeka berisi kumpulan materi yang digunakan oleh guru untuk mencapai profil pelajar pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP), seperti capaian pembelajaran, urutan tujuan pembelajaran, modul pengajaran, dan modul proyek.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyediakan fasilitas pembelajaran berupa platform "Merdeka Mengajar". Platform ini menyediakan berbagai jenis Rencana Pembelajaran dari berbagai sumber yang dapat digunakan oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung, atau dapat dijadikan referensi dalam merancang pembelajaran.
Beberapa jenis Rencana Pembelajaran yang disediakan meliputi:
1. Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, yang berisi tentang tujuan, langkah-langkah, media pembelajaran, dan penilaian yang diperlukan untuk melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
2. Modul pembelajaran yang mencakup tujuan pembelajaran, langkah-langkah, media, serta catatan pencapaian yang diperlukan dalam suatu unit/mata pelajaran sesuai dengan urutan tujuan pembelajaran.
3.Buku teks yang mencakup buku teks utama serta buku teks tambahan yang digunakan untuk pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Penyusunan Rencana Pembelajaran
Berdasarkan panduan dari Kementerian Pendidikan, terdapat 2 tahapan penting dalam proses penyusunan Rencana Pembelajaran pada suatu mata pelajaran. 2 tahapan penting tersebut adalah:
Alur dan Tujuan Pembelajaran
Alur pembelajaran adalah kumpulan tujuan pembelajaran yang disusun secara logis sesuai dengan siklus pembelajaran dari awal hingga akhir fase. Urutan ini disusun secara berurutan dalam rangkaian kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.
Pengembangan Modul Pengajaran
Mirip dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), namun dengan materi pembelajaran yang berbeda, termasuk halaman tugas siswa dan penilaian untuk memeriksa apakah siswa telah mencapai tujuan pembelajaran. Bahan ajar diharapkan dapat membantu guru dalam mengajar dengan berbagai metode yang berbeda.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh guru dalam penyusunan Rencana Pembelajaran, yaitu guru berhak menyusun urutan pembelajaran masing-masing yang terdiri dari serangkaian tujuan pembelajaran. Pemerintah menyediakan beberapa set urutan yang dapat digunakan sebagai inspirasi dalam pengembangan kurikulum yang siap digunakan di setiap satuan pendidikan, serta panduan untuk penyusunan Rencana Pembelajaran.
Saat ini, guru dapat berpartisipasi dan berkontribusi dalam konten Rencana Pembelajaran di platform Merdeka Mengajar. Materi pengajaran yang dapat diikuti mencakup modul pengajaran/RPP+, bahan ajar, dan modul proyek. Semua materi pengajaran yang disusun harus didasarkan pada kurikulum mandiri. Oleh karena itu, guru sebaiknya mempelajari materi-materi yang relevan dalam pembelajaran mandiri agar dapat membuat materi pengajaran sesuai dengan prinsip-prinsip kurikulum merdeka.
Dalam kurikulum merdeka ini, guru memiliki kebebasan untuk memilih berbagai sumber pembelajaran guna menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan dan minat belajar siswa.
Posting Komentar